Asesoris Hardware Untuk Pintu Kaca Frameless

Setelah sebelumnya kami pernah membahas tentang pintu kaca frameless secara umum dalam artikel Mengenal Pintu Kaca Frameless, pada kesempatan ini kami ingin berbagi informasi tentang tiga jenis hardware yang di pakai untuk pintu kaca frameless tersebut yaitu floor hinges, patch fitting set, dan pull handle.

Asesoris Pintu kaca

1. Floor Hinges

Floor Hinges atau sering di sebut Engsel Tanam Merupakan komponen yang sangat penting dari hardware pintu frameless. Sebagai engsel yang tertanam dalam lantai dan berfungsi untuk buka tutup pintu tanpa menimbulkan risiko kerusakan untuk pintu kaca. Selain itu dalam komponen floor hinges terdapat mekanisme pegas yang membuat pintu tetap stabil dan tidak terayun berlebihan, jika di dorong atau di tarik tidak terlalu berat setelah itu perlahan-lahan bisa menutup sendiri. Ada juga fungsi hold open untuk menahan pintu selalu terbuka secara penuh.
Keunggulan menggunakan floor hinges antara lain adalah mampu menahan beban pintu yang berat (bahkan ada tipe yang bisa menahan beban lebih dari 180 kg), pintu dapat di buka 180’ atau pintu bisa di buka tutup dengan di dorong dan di tarik, penggunaan floor hinges membuat pintu tampak semakin mewah dan elegan. Kekurangannya mungkin hanya pada harganya yang cukup tinggi untuk merek yang berkualitas baik.

2. Patch Fitting Set 

Satu set patch fitting set, bisa terdiri dari bottom patch fitting, top patch fitting, top pin, overpanel pivot patch fitting, overpanel, cylinder. Penggunaan komponen patch fitting menyesuaikan dengan jenis pintunya misalnya apakah perlu kunci atau tidak. pintu kaca frameless berbatasan dengan dinding biasa atau partisi kaca, karena masing-masing jenis pintu akan membutuhkan komponen patch fitting yang tidak sama.
Untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar beberapa jenis pintu frameless di bawah ini. Yang pasti sama adalah komponen top patch fitting dan bottom patch fitting pada daun pintu kaca frameless.

3. Pull Handle 

Untuk handle pintu frameless sering menggunakan bahan stainless steel yang bisa berbentuk pipa atau kotak. Umumnya handle pintu frameless berukuran cukup panjang bisa 60 cm atau lebih tergantung dari ukuran pintu dan desainnya. Demikian ulasan tentang hardware pintu kaca frameless yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

Karaya Aluminium – Banda Aceh

error:
Open chat